Sejarah

Puskesmas Kendit berdiri tahun 1985 dengan luas bangunan kurang lebih 320 m². Puskesmas Kendit berada di jalan Raya Desa Kendit berdekatan dengan beberapa instansi seperti kantor Kecamatan Kendit, Kantor KUA Kendit, Puskesmas Kendit berjarak ± 12 Km dari pusat kota.

Puskesmas Kendit dapat ditempuh dengan kendaraan umum , baik roda dua maupun kendaraan roda empat. Dua Pos Pelayanan Kesehatan ada di daerah pegunungan/daerah terpencil yaitu Polindes Rajekwesi dan Ponkesdes Pacalan. Tujuh Pos Pelayanan Kesehatan ada di dataran rendah, yaitu Ponkesdes Bugeman, Ponkesdes Kendit, Pustu Tambak Ukir, Ponkesdes Balung, Ponkesdes Klatakan, Pustu Kukusan dan Pustu Gadar Pecaron.

Selain itu kecamatan kendit dibatasi oleh beberapa wilayah, Antara lain :

  1. Sebelah barat berbatasan dengan Kecamatan Bungatan
  2. Sebelah timur berbatasan dengan Kecamatan Panarukan
  3. Sebelah utara berbatasan dengan Selat Madura
  4. Sebelah selatan barbatasan dengan Kabupaten Bondowoso

Luas keseluruhan wilayah tersebut adalah 214,14 Km2. Puskesmas Kendit mempunyai wilayah Dataran rendah sebesar 60% dan Dataran tinggi sebesar 40%. Wilayah Puskesmas Kendit yang sebagian besar hanya dapat ditempuh dengan kendaraan roda dua dengan kondisi tanah perbukitan dan dataran rendah serta jumlah penduduk 30.075  jiwa dan terdiri dari 7 Desa, yaitu :

  1. Desa Balung
  2. Desa Bugeman
  3. Desa Kendit
  4. Desa Klatakan
  5. Desa kukusan
  6. Desa Rajekwesi
  7. Desa Tambak Ukir

 

Sumber : Profil Puskesmas